Langsung ke konten utama

Chamfer pada AutoCad

Pada materi belajar Autocad tingkat dasar ini tentang chamfer pada autocad sebenarnya satu paket dengan fillet, jika anda telah mempelajari fillet tentu tidak akan kesulitan. Disini juga dibedakan chamfer pada line dan polyline. Sekarang mari kita bahas apa itu chamfer pada autocad?
Command chamfer dapat disingkat, CHA, merupakan bagian dari modify yang dapat membuat sudut pojok menjadi tumpul dengan menentukan 2 (dua) jarak chamfer dan memilih kedua garis tersebut. Pada default autocad, current chamfer Dist1 = 0, Dist2 = 0. Jika kita telah pernah menggunakan perintah chamfer dan mengisi kedua jarak atau distance itu sebelumnya, maka akan tertulis current chamfernya yang terakhir.

Untuk mempersingkat, mari kita latihan menggunakan gambar hasil fillet pada artikel sebelumnya. Jika belum membaca silahkan klik Cara Mudah Menggunakan Fillet.


Gambar Hasil Fillet dengan Radius 20















Tugas kita merubah dari bentuk fillet dengan radius 20 menjadi fillet dengan distance 1 dan 2 = 20. Ikuti langkah berikut :

Ketik CHA pada command, kemudian tekan spasi. Lihat current chamfer Dist1 dan Dist2, jika nilainya masih mengikuti default atau 0, maka ketik d sebagai pilihan distance, muncul tulisan:

“Specify first chamfer distance <0.0000>: “ isi dengan 20, tekan spasi.
“Specify second chamfer distance <20.000>:” tekan spasi, karena benar.
 “Select first line or …” lanjutkan dengan klik garis vertical warna hijau,
“Select second line or …” klik garis horizontal warna hijau.



Gambar Hasil Chamfer Dis1 dan Dist2 = 20















Hasil chamfernya telah terlihat, tetapi bentukan radius fillet masih ada, sehingga kita hanya menghapus menggunakan erase. Lihat artikel terkait Menghapus Object (Erase).

Apa yang dimaksud dengan chamfer distance? Jawabannya ada pada gambar di bawah, dimana kita menentukan first line (garis vertical warna hijau), yang disebut dengan distance 1 (Dist1) sedangkan second line (garis horizontal warna hijau) sebagai distance 2 (Dist2).


Gambar Apa yang dimaksud dengan Chamfer Distance?















Selanjutnya kita merubah kotak kuning 100x160 dengan fillet radius 20 menjadi chamfer dist1 dan 2 = 20. Ikuti langkah berikut:

Ketik CHA, tekan spasi, terdapat tulisan

Command: cha CHAMFER
(TRIM mode) Current chamfer Dist1 = 20.0000, Dist2 = 20.0000
Select first line or [Undo/Polyline/Distance/Angle/Trim/mEthod/Multiple]: ketik P sebagai pilihan Polyline, kemudian tekan spasi.

Lihat hasilnya.

Gambar Hasil Chamfer Dist1 dan Dist2 = 20



















Bagaimana jika kita ingin merubah hasil bentukan fillet maupun chamfer menjadi sudut lancip atau kembali ke keadaan pertama sebelum dibuat fillet atau chamfer?

Jawabannya adalah jika fillet kembalikan dengan merubah fillet dengan radius = 0, begitu juga dengan chamfer dengan merubah dist1 dan 2 = 0, maka akan kembali bentuk kotak dengan sudut lancip.

Sekian artikel mengenai chamfer pada autocad, semoga berguna bagi teman-teman calon dan praktisi yang menggunakan gambar sebagai bahasa teknik. 

Baca selanjutnya.. Membuat Gap dengan Break AutoCad.. 








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memperbesar dan Memperkecil Object (Scale)

Panduan Belajar Autocad Tingkat Dasar tentang Modify Scale ini memberikan gambaran bagaimana MEMPERBESAR dan M EMPERKECIL Object (Scale) dengan cara SCALE FACTOR dan REFERENCE . Untuk mempermudah penjelasan tentang kedua cara di atas diberikan contoh-contoh baik scale factor pembesaran dan pengecilan begitu j uga dengan referensi. Command Scale , dapat disingkat dengan SC, merupakan bagian dari modify yang dapat memperbesar atau mengecilkan object yang dipilih, menentukan titik acuan pembesaran/ pengecilan menggunakan cara mengetikkan skala pembesaran/ pengecilan atau cara reference. Apa maksud skala pembesaran/ pengecilan ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, coba perhatikan gambar kotak original warna kuning dengan ukuran 50x80, 50 lebar dan sebagai 80 panjang.   Jika kita ingin memperbesar object original tersebut dari ukuran awal 50x80 menjadi 100x160 (object kotak dengan garis putus-putus warna merah), 100 lebar dan 160 sebagai panjang, maka dapat dikatakan bahwa

Memperbesar dan Mengecilkan Tampilan (Zoom)

Materi belajar Autocad bagi pemula ini membahas tentang bagaimana memperbesar dan mengcilkan tampilan (zoom) dengan berbagai macam cara antara lain: zoom window, previous, all, extents, scale dan object. Zoom ini merupakan pengetahuan yang sangat mendasar dan penting untuk diketahui .  Cara paling mudah untuk melakukan Zoom adalah dengan memutar scroll pada mouse. Sebelum mencoba, buat garis atau object apa saja. Coba putar scroll ke arah belakang sampai gambar object di layar monitor anda terlihat kecil dan sampai batas terkecil. Begitu juga sebalikknya, coba putar arah scroll ke arah depan sampai gambar object pada pembesaran yang maksimum. Untuk menargetkan area yang akan di zoom, arahkan atau dekatkan dulu kursor ke object yang akan diperbesar, kemudian baru putar scroll ke arah depan, sampai benar-benar mencapai pembesaran yang kita inginkan. Cara lain untuk memperbesar dan mengecilkan tampilan (zoom) adalah dengan mengetikkan Z pada command, kemudian tekan spasi. Mu

Membuat Segi 6 (Enam) POLYGON

Tutorial Belajar Autocad untuk Pemula yang ber judul  Membuat Se gi 6 (Enam) POLYGON memb erikan gambaran tentang cara membuat segi enam dengan mengerti Perbedaan Incribed dan Circumscribed . Polygon dapat diartikan sebuah object yang memiliki sisi yang sama dengan jumlah lebih dari tiga. Jika 3 sisi bernama segitiga sama sisi, 4 sisi bujursangkar, 6 sisi segi enam sama sisi dan seterusnya.   Prinsip dasar langkahnya, menentukan jumlah sisi, titik pusat polygon dan sisi sebelah dalam atau luar lingkaran dengan radius yang ditentukan.   Contoh kasus, kita akan membuat polygon, jumlah sisi 6 dengan sisi sebelah dalam lingkaran yang memiliki radius 10. Ikuti langkah berikut ini: Pertama-tama ketikkan pada command: POL , kemudian muncul tulisan “Enter number of sides <4>:” artinya memasukkan atau ketik jumlah sisi, untuk itu kita ketik 6 dan tekan spasi. <4> artinya 4 sisi sebagai pilihan default autocad. Selanjutnya, terdapat tulisan “Specify center of