Langsung ke konten utama

3 Fungsi Pencerminan atau Mirror

Materi yang diberi judul 3 Fungsi Pencerminan atau Mirror merupakan kesimpulan fungsi mirror akan dijabarkan dengan contoh-contoh aplikatif bagi calon-calon praktisi. Ini sangat membantu imajinasi bagi para pemula untuk mengetahui fungsi autocad yang lebih aplikatif.

Sebelum menjelaskan tentang 3 fungsi pencerminan atau mirror secara lengkap, kita awali saja dengan pengertian apa itu mirror. Mirror merupakan salah satu command dari modify yang berfungsi mencerminkan object berdasarkan penentuan 2 titik sebagai garis pencerminan. Kelanjutan command ini juga memberikan 2 (dua) pilihan, apakah ingin menghapus object setelah dicerminkan atau tidak? Untuk menjalankan perintahnya dapat diketik MIRROR atau cukup disingkat dengan MI.

Mari kita latihan dengan contoh gambar berikut.

contoh gambar pencerminan autocad

Gambar Contoh Mirror













Buatlah gambar garis horizontal dan vertikal (warna biru), kemudian buatlah segitiga (warna merah) seperti pada contoh di samping.

Coba kita cerminkan object segitiga itu dan ikuti langkah-langkahnya. Ketik MI, kemudian tekan spasi. Perhatikan tulisan pada command “Select object:” artinya kita lanjutkan memilih segitiga warna merah dengan drug mouse. Lihat gambar dan langkah commandnya.

select object mirror autocad

Gambar Command Mirror dan Select Object




















Selanjutnya, terlihat tulisan pada command “Specify first point of mirror line:” maksudnya adalah mementukan titik awal dengan kita klik titik 1 seperti pada gambar contoh berikut ini.

menentukan titik mirror
Gambar Menentukan Titik ke-1




















Jangan lupa menghidupkan fungsi ORTHO dan OSNAP. Ortho sebagai pengunci ketegaklurusan dan osnap endpoint, ketepatan penentuan titik endpoint pada garis mirror dalam hal ini titik 1. Perhatikan gambarnya.


Pada command terdapat tulisan “Specify second point of mirror line:”, artinya kita melanjutkan menentukan titik kedua dari garis pencerminan dengan klik titik 2 pada garis biru vertikal seperti pada gambar di bawah ini.

menentukan titik 2 mirror autocad
Gambar Menentukan Titik Ke-2
















Setelah kita klik, muncul tulisan “Erase sourse object? [Yes/No] <N>:” yang artinya menanyakan kepada kita, apakah ingin menghapus object sumbernya? Dengan pilihan tekan Y untuk Yes atau N untuk NO, sedangkan <N> adalah settingan default autocad 2007. Kita ketik aja y sebagai contoh kita ingin menghapus sumbernya, lihat commannya.

piliha menghapus mirror autocad

Gambar Menghapus Sumber Object dengan ketik y





















Jika tekan enter atau spasi maka lihat gambar hasil langkahnya.

gambar hasil mirror autocad

Gambar Hasil Mirror dengan 2 Titik Vertical sebagai Garis Pencerminan





















Agar lebih memahami konsep dasar mirror, mari kita lanjutkan lagi latihan dengan contoh gambar yang sama, tetapi berbeda penentuan 2 titik sebagai garis pencerminannya (pencerminan secara horizontal). Ulangi langkah demi langkah seperti di atas. Perbedaannya penentuan titik 1 dan 2 sebagai garis pencerminannya dapat dilihat di bawah ini.

mirror berdasarkan 2 titik

Gambar Pencerminan berdasarkan 2 Titik sebagai Garis Pencerminan Horizontal


















Dari latihan di atas kita dapat mengambil kesimpulan FUNGSI PENCERMINAN ATAU MIRROR. Cermin sesuai namanya berguna atau berfungsi untuk merefleksikan gambar terbalik dari object sumbernya. Dalam beberapa kasus aplikatif, fungsi ini dapat dijabarkan sebagai berikut :

Fungsi edit (erase), ketika kita menyadari bahwa yang telah kita gambar salah arah. Untuk itu, kita gunakan pilihan Yes untuk command “Erase sourse object? [Yes/No] <N>:”

Fungsi simentris, pada object yang simetris, kita tidak perlu menggambar secara keseluruhan, melainkan cukup mengambar setengahnya saja dan selebihnya menggunakan mirror untuk membuatnya lengkap. Untuk itu kita, pilih No untuk command “Erase sourse object? [Yes/No] <N>:”

Fungsi copy,  ketika kita memang memerlukan duplikat dari gambar yang sama tetapi berbeda arah. Artinya kita memerlukan kedua bentuk gambar yang saling berlawanan. Maka kita gunakan pilihan Untuk itu kita gunakan pilihan No untuk command “Erase sourse object? [Yes/No] <N>:”


CONTOH-CONTOH APLIKATIF BAGI CALON-CALON PRAKTISI

Bagi pemula yang ingin terjun di dunia kerja, berikut akan diberikan beberapa contoh sebagai gambaran 3 Fungsi Pencerminan atau Mirror untuk calon-calon praktisi di beberapa bidang, diantaranya adalah:

Praktisi Bidang Civil :
Gambar pintu. Untuk menggambar pintu no 2 pada gambar di bawah ini, memiliki dua arah pembukaan pintu yang berbeda, maka menggunakan fungsi copy. Contoh gambarnya di bawah.

contoh gambar mirror pintu













Praktisi Bidang Mechanical :
Gambar simentris spare part. Menggunakan fungsi simentrisnya untuk menggambar seperti contoh di bawah ini.
mirror simetris bidang mechanical

Gambar Fungsi Simetris Bidang Mechanical










Praktisi Bidang Electrical :
Gambar komponen electronik tahanan dan sumber arus. Menggunakan contoh fungsi edit, untuk merubah arah ketika kita merasa salah arah dalam menggambar. 

gambar edit bidang electrical
Gambar Fungsi Edit Bidang Electrical







Sebagai command tambahan untuk contoh kasus elektrical di atas, terlihat text yang terbalik dari hasil mirror. Untuk merubah settingan commandnya ketik MIRRTEXT. Kemudian spasi. Muncul tulisan "Enter new value for "MIRRTEXT <1>:" artinya isi atau ketik 0, karena <1> untuk mencerminkan text  dan <0> untuk mempertahankan arah text. 

gambar command mirror
Gambar Command Merubah Mirror Text








Pada settingan default autocad 2007, mirrtext <0>.  Apabila kita telah pernah merubahnya maka settingan itu akan mengikuti perubahan itu.

Sekian tentang 3 Fungsi Pencerminan atau Mirror, semoga bermanfaat. Salam berbagi..
 

Artikel terkait : 












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memperbesar dan Memperkecil Object (Scale)

Panduan Belajar Autocad Tingkat Dasar tentang Modify Scale ini memberikan gambaran bagaimana MEMPERBESAR dan M EMPERKECIL Object (Scale) dengan cara SCALE FACTOR dan REFERENCE . Untuk mempermudah penjelasan tentang kedua cara di atas diberikan contoh-contoh baik scale factor pembesaran dan pengecilan begitu j uga dengan referensi. Command Scale , dapat disingkat dengan SC, merupakan bagian dari modify yang dapat memperbesar atau mengecilkan object yang dipilih, menentukan titik acuan pembesaran/ pengecilan menggunakan cara mengetikkan skala pembesaran/ pengecilan atau cara reference. Apa maksud skala pembesaran/ pengecilan ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, coba perhatikan gambar kotak original warna kuning dengan ukuran 50x80, 50 lebar dan sebagai 80 panjang.   Jika kita ingin memperbesar object original tersebut dari ukuran awal 50x80 menjadi 100x160 (object kotak dengan garis putus-putus warna merah), 100 lebar dan 160 sebagai panjang, maka dapat dikatakan bahwa

Memperbesar dan Mengecilkan Tampilan (Zoom)

Materi belajar Autocad bagi pemula ini membahas tentang bagaimana memperbesar dan mengcilkan tampilan (zoom) dengan berbagai macam cara antara lain: zoom window, previous, all, extents, scale dan object. Zoom ini merupakan pengetahuan yang sangat mendasar dan penting untuk diketahui .  Cara paling mudah untuk melakukan Zoom adalah dengan memutar scroll pada mouse. Sebelum mencoba, buat garis atau object apa saja. Coba putar scroll ke arah belakang sampai gambar object di layar monitor anda terlihat kecil dan sampai batas terkecil. Begitu juga sebalikknya, coba putar arah scroll ke arah depan sampai gambar object pada pembesaran yang maksimum. Untuk menargetkan area yang akan di zoom, arahkan atau dekatkan dulu kursor ke object yang akan diperbesar, kemudian baru putar scroll ke arah depan, sampai benar-benar mencapai pembesaran yang kita inginkan. Cara lain untuk memperbesar dan mengecilkan tampilan (zoom) adalah dengan mengetikkan Z pada command, kemudian tekan spasi. Mu

Membuat Segi 6 (Enam) POLYGON

Tutorial Belajar Autocad untuk Pemula yang ber judul  Membuat Se gi 6 (Enam) POLYGON memb erikan gambaran tentang cara membuat segi enam dengan mengerti Perbedaan Incribed dan Circumscribed . Polygon dapat diartikan sebuah object yang memiliki sisi yang sama dengan jumlah lebih dari tiga. Jika 3 sisi bernama segitiga sama sisi, 4 sisi bujursangkar, 6 sisi segi enam sama sisi dan seterusnya.   Prinsip dasar langkahnya, menentukan jumlah sisi, titik pusat polygon dan sisi sebelah dalam atau luar lingkaran dengan radius yang ditentukan.   Contoh kasus, kita akan membuat polygon, jumlah sisi 6 dengan sisi sebelah dalam lingkaran yang memiliki radius 10. Ikuti langkah berikut ini: Pertama-tama ketikkan pada command: POL , kemudian muncul tulisan “Enter number of sides <4>:” artinya memasukkan atau ketik jumlah sisi, untuk itu kita ketik 6 dan tekan spasi. <4> artinya 4 sisi sebagai pilihan default autocad. Selanjutnya, terdapat tulisan “Specify center of