Langsung ke konten utama

MEMUTAR OBJECT (ROTATE)

Masih merupakan panduan belajar Autocad tingkat dasar tentang Modify Rotate ini, akan menjelaskan bagaimana cara memutar object dengan memberikan 2 contoh kasus yang paling sering kita temui dalam aplikasinya yaitu memutar berdasarkan sudut putar dan memutar berdasarkan referensi. Untuk kali ini sementara kita bahas pada kasus pertama sedangkan yang kedua pada bagian posting selanjutnya. Jika langsung ingin melihat kasus yang kedua silahkan menuju link yang terdapat pada bagian akhir di bawah ini (baca lanjutan rotate).

Rotate merupakan bagian dari command modidy yang dapat memutar object yang telah dipilih (select) berdasarkan sumbu putar (base point) dan sudut (angle) atau menggunakan referensi.

Untuk menjalankan perintahnya ketik ROTATE atau disingkat RO, kemudian spasi. Sudut (angle) mengikuti aturan koordinat polar yang telah ditentukan (default) autocad. Sedangkan referensi, menentukan putarannya berdasarkan sudut atau titik referensi.

Kita langsung latihan menggunakan contoh kotak 50x80, sebagai object yang akan diputar. Buatlah kotak menggunakan command: REC, spasi, tentukan base point, spasi ketik @50,80 dan spasi. Kotak yang sudah terbentuk akan kita coba putar mengikuti beberapa kasus di bawah ini:

KASUS 1. MEMUTAR BERDASARKAN SUDUT PUTAR

Contoh 1.
Putarlah kotak 50x80 dengan sudut putar 350 seperti kotak garis putus-putus.

Contoh 2.
Hasil putaran dari contoh 1, lanjutkan putar sehingga menjadi kotak dengan sudut 600, seperti pada gambar contoh 2.

Contoh 3.
Hasil putaran dari contoh 2 yaitu kotak dengan sudut 600, rubahlah lagi menjadi kotak garis putus-putus seperti pada gambar soal di bawah ni.

Memutar object autocad
Gambar Contoh Memutar Object Berdasarkan Sudut Putar









Langkah penyelesaian contoh 1.
Ketik pada command RO, spasi. Muncul tulisan Select object: artinya memilih kotak dengan cara kotak sentuh seperti terlihat pada gambar command berikut:

memutar rotate autocad
Gambar Contoh 1 Command Rotate dan Select Object

















Lanjutkan dengan klik base point. Pada command muncul tulisan “Specify rotation angle or …” yang berarti menentukan sudut putar dengan ketik 35. Spasi. Lihat gambar commandnya.

cara memutar autocad
Gambar Specify base point dan Specify Rotation Angle 35 Derajat



















Langkah penyelesaian contoh 2.
Ketik pada command RO, spasi. Muncul tulisan Select object: artinya memilih kotak dengan cara kotak sentuh seperti terlihat pada gambar command berikut:

tips memutar autocad
Gambar Contoh 2. Command RO dan Select Object



















Lanjutkan dengan klik base point. Pada command muncul tulisan “Specify rotation angle or …” yang berarti menentukan sudut putar dengan ketik 25. Spasi. Lihat gambar commandnya.

memutar objek autocad
Gambar Specify Base Point dan Rotation Angle 25 Derajat


















Langkah penyelesaian contoh 3.
Ketik pada command RO, spasi. Muncul tulisan Select object: artinya memilih kotak dengan cara kotak sentuh seperti terlihat pada gambar command berikut:

command ro autocad
Gambar Contoh 3 Command RO dan Select Object

















Lanjutkan dengan klik base point. Pada command muncul tulisan “Specify rotation angle or …” yang berarti melanjutkan dengan menentukan sudut putar negatif dengan ketik -70. Spasi. Lihat gambar commandnya.

arah putaran autocad

Gambar Specify Base Point dan Specify Rotation Angle -70 Derajat





















Artikel terkait : 













Komentar

Unknown mengatakan…
Tks sangat bermanfaat
Unknown mengatakan…
Tks sangat bermanfaat

Postingan populer dari blog ini

Memperbesar dan Memperkecil Object (Scale)

Panduan Belajar Autocad Tingkat Dasar tentang Modify Scale ini memberikan gambaran bagaimana MEMPERBESAR dan M EMPERKECIL Object (Scale) dengan cara SCALE FACTOR dan REFERENCE . Untuk mempermudah penjelasan tentang kedua cara di atas diberikan contoh-contoh baik scale factor pembesaran dan pengecilan begitu j uga dengan referensi. Command Scale , dapat disingkat dengan SC, merupakan bagian dari modify yang dapat memperbesar atau mengecilkan object yang dipilih, menentukan titik acuan pembesaran/ pengecilan menggunakan cara mengetikkan skala pembesaran/ pengecilan atau cara reference. Apa maksud skala pembesaran/ pengecilan ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, coba perhatikan gambar kotak original warna kuning dengan ukuran 50x80, 50 lebar dan sebagai 80 panjang.   Jika kita ingin memperbesar object original tersebut dari ukuran awal 50x80 menjadi 100x160 (object kotak dengan garis putus-putus warna merah), 100 lebar dan 160 sebagai panjang, maka dapat dikatakan bahwa

Memperbesar dan Mengecilkan Tampilan (Zoom)

Materi belajar Autocad bagi pemula ini membahas tentang bagaimana memperbesar dan mengcilkan tampilan (zoom) dengan berbagai macam cara antara lain: zoom window, previous, all, extents, scale dan object. Zoom ini merupakan pengetahuan yang sangat mendasar dan penting untuk diketahui .  Cara paling mudah untuk melakukan Zoom adalah dengan memutar scroll pada mouse. Sebelum mencoba, buat garis atau object apa saja. Coba putar scroll ke arah belakang sampai gambar object di layar monitor anda terlihat kecil dan sampai batas terkecil. Begitu juga sebalikknya, coba putar arah scroll ke arah depan sampai gambar object pada pembesaran yang maksimum. Untuk menargetkan area yang akan di zoom, arahkan atau dekatkan dulu kursor ke object yang akan diperbesar, kemudian baru putar scroll ke arah depan, sampai benar-benar mencapai pembesaran yang kita inginkan. Cara lain untuk memperbesar dan mengecilkan tampilan (zoom) adalah dengan mengetikkan Z pada command, kemudian tekan spasi. Mu

Membuat Segi 6 (Enam) POLYGON

Tutorial Belajar Autocad untuk Pemula yang ber judul  Membuat Se gi 6 (Enam) POLYGON memb erikan gambaran tentang cara membuat segi enam dengan mengerti Perbedaan Incribed dan Circumscribed . Polygon dapat diartikan sebuah object yang memiliki sisi yang sama dengan jumlah lebih dari tiga. Jika 3 sisi bernama segitiga sama sisi, 4 sisi bujursangkar, 6 sisi segi enam sama sisi dan seterusnya.   Prinsip dasar langkahnya, menentukan jumlah sisi, titik pusat polygon dan sisi sebelah dalam atau luar lingkaran dengan radius yang ditentukan.   Contoh kasus, kita akan membuat polygon, jumlah sisi 6 dengan sisi sebelah dalam lingkaran yang memiliki radius 10. Ikuti langkah berikut ini: Pertama-tama ketikkan pada command: POL , kemudian muncul tulisan “Enter number of sides <4>:” artinya memasukkan atau ketik jumlah sisi, untuk itu kita ketik 6 dan tekan spasi. <4> artinya 4 sisi sebagai pilihan default autocad. Selanjutnya, terdapat tulisan “Specify center of