Langsung ke konten utama

3 Cara Paling Sering Memindahkan Object (MOVE)

Panduan belajar autocad ini masih bagian dari materi tingkat dasar tentang Modify-MOVE. Materi yang akan dibahas disini memberikan 3 cara memindah-mindahkan object dari satu tempat ke tempat yang diinginkan dengan memberikan beberapa contoh object yang paling sederhana dan berikut langkah-langkahnya.


Command MOVE, atau dapat disingkat dengan mengetikkan  M, merupakan salah satu command modify yang dapat memindahkan object yang telah dipilih dengan 3 cara yang paling sering digunakan yaitu (lihat gambar dan penjelasannya).

cara memindahkan object autocad
Gambar 3 Cara Paling Sering Memindahkan Object (Move)











Cara 1. Memindahkan kesembarang tempat.
Pemindahan dengan cara ini, tidak memerlukan jarak dan ketepatan titik tujuan.

Cara 2. Memindahkan secara tegaklurus arah horizontal atau vertical dengan atau tidak menentukan jarak pemindahan.
Pemindahan cara ini harus menghidupkan ortho, sehingga pemindahannya dapat dilakukan secara terkunci/ tegak lurus arah horizontal atau vertical dengan atau tidak memerlukan ketepatan jarak.

Pemindahan dengan jarak tertentu, klik acuan (base point) di sembarang tempat, menggeser mouse dan mengetikkan jarak pemindahan tanpa harus menentukan titik acuan (base point), second pointnya.
Sedangkan pemindahan tidak memerlukan jarak, klik acuan (base point) di sembarang tempat, menggeser mouse dan klik titik tujuan (second point) juga di sembarang tempat.  

Cara 3. Memindahkan ke tujuan tertentu.
Pemindahan dengan cara ini, memerlukan ketepatan penentuan titik acuan (base point) dan titik tujuan (second point). Hidupkan fungsi osnap dengan settingan menyesuaikan kasus pemindahan disertai mematikan fungsi ortho. 

Jika object diibaratkan sama dengan barang. Maka titik acuan/ base point dapat dikatakan sebagai ketepatan titik acuan memegang barang yang akan dipindahkan sedangkan titik tujuan/ second point diibaratkan titik ketepatan pemindahan barang.

Ikuti langkah command berikut:

Cara 1.
Buatlah lingkaran dengan diameter 50 : ketik C, spasi, tentukan center point (klik), ketik d, spasi, ketik 50 spasi.
Matikan fungsi ortho. Lanjutkan memindahkan lingkaran, langkahnya: Ketik M, spasi, select object (pilih lingkaran yang akan dipindahkan), spasi, tentukan base point (klik) di manapun, geser mouse sesuka hati anda untuk memindahkan lingkaran tersebut. Tampak lingkaran mengikuti arah pergerakan mouse. Lanjutkan dengan menentukan titik tujuan dengan klik disembarang tempat.

Cara 2.
Contoh Memindahkan dengan jarak 70
Buatlah lingkaran dengan diameter 50, ikuti cara 1.
Hidupkan fungsi ortho. Lanjutkan memindahkan lingkaran ke arah kanan dengan jarak 70, langkahnya: Ketik M, spasi, select object (pilih lingkaran yang akan dipindahkan), spasi, tentukan base (klik) di manapun, geser mouse ke arah kanan, ketik 70 pada command. Spasi.

Contoh Memindahkan tidak dengan jarak
Buatlah lingkaran dengan diameter 50, ikuti cara 1.
Hidupkan fungsi ortho. Lanjutkan memindahkan lingkaran ke arah kanan tidak dengan jarak yang ditentukan, langkahnya: Ketik M, spasi, select object (pilih lingkaran yang akan dipindahkan), spasi, tentukan base (klik) di manapun, geser mouse ke arah kanan, tentukan titik second point (tujuan) di sembarang tempat (klik).

Cara 3.
Buatlah lingkaran dengan diameter 50, ikuti cara 1. Berikut garis tingginya 60, langkahnya : ketik L, spasi, klik first point, geser mouse ke arah atas, ketik 60, spasi.
Matikan fungsi ortho. Hidupkan fungsi osnap dan menconteng pilihan setting quadrant dan endpoint.
Lanjutkan memindahkan dasar lingkaran (quadrant) sebagai acuan tepat di ujung atas (endpoint) garis, langkahnya: Ketik M, spasi, select object lingkaran, spasi, tentukan base point (klik) tepat dibagian bawah (quadrant) lingkaran, geser mouse ke arah atas garis, tentukan titik tujuan (second point) dengan melakukan klik tepat di endpoint bagian atas garis.


Tips Move untuk Calon Praktisi Engineering. 
Pada object yang telah memiliki kerumitan, kita akan mengalami kesulitan terlalu banyaknya object yang harus dipilih (di-select object) sebelum dipindahkan, untuk itu usahakan menggambar menggunakan object yang menjadi satu kesatuan, seperti menggunakan beberapa fasilitas Polyline, BLOCK, dll. Dengan Polyline atau block, sekali select semua object akan mengikuti, kita hanya cukup menentukan satu titik acuan dan memindahkannya sesuai keinginan.


Baca selanjutnya... Memutar Object (Rotate)...

Artikel terkait : 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memperbesar dan Memperkecil Object (Scale)

Panduan Belajar Autocad Tingkat Dasar tentang Modify Scale ini memberikan gambaran bagaimana MEMPERBESAR dan M EMPERKECIL Object (Scale) dengan cara SCALE FACTOR dan REFERENCE . Untuk mempermudah penjelasan tentang kedua cara di atas diberikan contoh-contoh baik scale factor pembesaran dan pengecilan begitu j uga dengan referensi. Command Scale , dapat disingkat dengan SC, merupakan bagian dari modify yang dapat memperbesar atau mengecilkan object yang dipilih, menentukan titik acuan pembesaran/ pengecilan menggunakan cara mengetikkan skala pembesaran/ pengecilan atau cara reference. Apa maksud skala pembesaran/ pengecilan ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, coba perhatikan gambar kotak original warna kuning dengan ukuran 50x80, 50 lebar dan sebagai 80 panjang.   Jika kita ingin memperbesar object original tersebut dari ukuran awal 50x80 menjadi 100x160 (object kotak dengan garis putus-putus warna merah), 100 lebar dan 160 sebagai panjang, maka dapat dikatakan bahwa

Memperbesar dan Mengecilkan Tampilan (Zoom)

Materi belajar Autocad bagi pemula ini membahas tentang bagaimana memperbesar dan mengcilkan tampilan (zoom) dengan berbagai macam cara antara lain: zoom window, previous, all, extents, scale dan object. Zoom ini merupakan pengetahuan yang sangat mendasar dan penting untuk diketahui .  Cara paling mudah untuk melakukan Zoom adalah dengan memutar scroll pada mouse. Sebelum mencoba, buat garis atau object apa saja. Coba putar scroll ke arah belakang sampai gambar object di layar monitor anda terlihat kecil dan sampai batas terkecil. Begitu juga sebalikknya, coba putar arah scroll ke arah depan sampai gambar object pada pembesaran yang maksimum. Untuk menargetkan area yang akan di zoom, arahkan atau dekatkan dulu kursor ke object yang akan diperbesar, kemudian baru putar scroll ke arah depan, sampai benar-benar mencapai pembesaran yang kita inginkan. Cara lain untuk memperbesar dan mengecilkan tampilan (zoom) adalah dengan mengetikkan Z pada command, kemudian tekan spasi. Mu

Membuat Segi 6 (Enam) POLYGON

Tutorial Belajar Autocad untuk Pemula yang ber judul  Membuat Se gi 6 (Enam) POLYGON memb erikan gambaran tentang cara membuat segi enam dengan mengerti Perbedaan Incribed dan Circumscribed . Polygon dapat diartikan sebuah object yang memiliki sisi yang sama dengan jumlah lebih dari tiga. Jika 3 sisi bernama segitiga sama sisi, 4 sisi bujursangkar, 6 sisi segi enam sama sisi dan seterusnya.   Prinsip dasar langkahnya, menentukan jumlah sisi, titik pusat polygon dan sisi sebelah dalam atau luar lingkaran dengan radius yang ditentukan.   Contoh kasus, kita akan membuat polygon, jumlah sisi 6 dengan sisi sebelah dalam lingkaran yang memiliki radius 10. Ikuti langkah berikut ini: Pertama-tama ketikkan pada command: POL , kemudian muncul tulisan “Enter number of sides <4>:” artinya memasukkan atau ketik jumlah sisi, untuk itu kita ketik 6 dan tekan spasi. <4> artinya 4 sisi sebagai pilihan default autocad. Selanjutnya, terdapat tulisan “Specify center of